Teks Prosedur
Nama : Dian Prastiyani
NPM : 18410058
Kelas : 3B
Deskripsi: blog ini dibuat untuk memenuhi tugas sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa
Indonesia SMA Kelas XI.
Dosen Pengampu Ika Septiana, S.Pd., M.Pd.
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas sumber belajar dan media pembelajaran dengan lancar. Terima kasih untuk Ibu Ika Septiana, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing mata kuliah sumber belajar dan media pembelajaran.
Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk pembaca menambah ilmu pengetahuan. Apabila blog ini masih banyak kekurangan, penulis mohon maaf. Terima kasih.
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknlogi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kemanusiaaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, betindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan - pernyataan umum dan tahapan - tahapan dalam teks prosedur.
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan - tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
Tujuan
1. Mengidentifikasi teks prosedur.
2. Membuat rancangan teks prosedur.
3. Mempresentasikan dan menananggapi.
Penerapan Model
TTW ( Think Talk Write)
Pembelajaran
dimulai dengan berfikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan
alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi,
diskusi, dan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintaknya adalah:
informasi, kelompok (membaca – memcatat – menandai ), presentasi, diskusi,
melaporkan.
Langkah
- langkah :
1.
Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik.
2.
Guru membagi peserta didk dalam kelompok kecil (3-5).
3.
Peserta didik berinteraksi dengan teman kelompk untuk membahas isi catatan
(think) dan
hasil tersebut dikomunikasikan.
4.
Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa
jawaban
dalam soal dalam bentuk tulisan (write).
5.
Peserta didik mempresentasikan kesimpulan dari materi yang dipelajari didepan
kelas.
Peta Konsep
Teks Prosedur
1. Pengertian Teks Prosedur.
2. Ciri - ciri Teks Prosedur.
3. Macam - macam Teks Prosedur.
4. Langkah - langkah Teks Prosedur.
MATERI
1.
Teks Prosedur
Prosedur berarti tahap - tahap
kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas, sehingga sebuah teks prosedur
memberi tahu bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian dan langkah -
langkah atau tindakan. Informasi dalam teks prosedur disajikan dengan urutan
peristiwa yang logis. Teks prosedur berisi langkah - langkah yang harus ditempuh
untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan atau keterangan
dalam langkah tersebut. Tujuan teks prosedur,
yaitu untuk menunjukkan atau menjelaskan langkah-langkah mengerjakan
sesuatu secara urut.
1. Ciri
- ciri teks prosedur :
a.
Berisi langkah - langkah.
b.
Disusun secara informatif.
c.
Dijelaskan secara mendetail.
d.
Bersifat objektif.
e.
Langkah berkelanjutan dengan penjelasan.
f.
Menggunakan syarat / pilihan.
2. Macam
- macam teks prosedur :
a.
Teks prosedur sederhana
Prosedur
yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja disebut teks
prosedur sederhana. Contoh : prosedur mengoperasikan setrika.
b.
Teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks merupakan
prosedur yang terdiri banyak langkah, langlah - langkah tersebut berjenjang
dengan sublanglah pada setiap langkahnya. Contoh : prosedur tentang terkena
tilang.
c.
Protokol
Prosedur
yang langkah - langkahnya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah di pahami di
sebut protokol. Dalam teks prosedur terdapat kalimat yaitu kalimat imperatif,
kalimat deklaratif dan kalimat interogatif.
a.
Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah. Fungsinya untuk
meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
b.
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsinya untuk
memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
c.
Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Fungsiya untuk
meminta informasi tentang sesuatu.
A.Mengidentifikasi Informasi teks prosedur
Teks
yang baik adalah teks yang selalu memiliki suatu pikiran utama atau satu
gagasan pokok. Teks prosedur berisi mengenai langkah - langkah atau tahapan -
tahapan yang harus di tempuh untuk mencapai tujuan. Agar mudah memahami
informasi dalam teks prosedur, berikut langkah - langkah mengindentifikasi
informasi dalam teks prosedur.
a.
Membaca teks prosedur secara keseluruhan.
b.
Mencari ide pokok dalam teks prosedur.
c.
Menemukan kesimpulan dalam teks prosedur.
Daftar Pustaka
Markhamah.2009.Ragam Analisis Kalimat Bahasa Indonesia.Surakarta:Muhammadiyah
Uniersity Press.
Miharja,Ratih.2012.Buku Pintar Sastra Indonesia.Jakarta:Laskar
Askara.