Jumat, 20 Desember 2019

Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

Desember 21, 2019

Teks Prosedur 

Nama      : Dian Prastiyani
NPM       : 18410058
Kelas      : 3B
Deskripsi: blog ini dibuat untuk memenuhi tugas sumber belajar dan media pembelajaran Bahasa
                 Indonesia SMA Kelas XI.
Dosen Pengampu Ika Septiana, S.Pd., M.Pd.

   Kata Pengantar 
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas sumber belajar dan media pembelajaran dengan lancar. Terima kasih untuk Ibu Ika  Septiana, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pembimbing mata kuliah sumber belajar dan media pembelajaran.
Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk pembaca menambah ilmu pengetahuan. Apabila blog ini masih banyak kekurangan, penulis mohon maaf. Terima kasih.


Kompetensi Inti
   1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
   2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, prosedural,         
       dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknlogi, seni 
       budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait 
       penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang                   spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural,  
      dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
      seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kemanusiaaan, kebangsaan,    
      kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  
      pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan     
      minatnya untuk memecahkan masalah.
 4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
      pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, betindak secara efektif
      dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan - pernyataan umum dan tahapan - tahapan dalam teks prosedur.
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan - tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
Tujuan
1. Mengidentifikasi teks prosedur.
2. Membuat rancangan teks prosedur.
3. Mempresentasikan dan menananggapi.

Penerapan Model
TTW ( Think Talk Write)
Pembelajaran dimulai dengan berfikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi, dan alternative solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian buat laporan hasil presentasi. Sintaknya adalah: informasi, kelompok (membaca – memcatat – menandai ), presentasi, diskusi, melaporkan.

Langkah - langkah :
1. Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik.
2. Guru membagi peserta didk dalam kelompok kecil (3-5).
3. Peserta didik berinteraksi dengan teman kelompk untuk membahas isi catatan (think) dan   
    hasil tersebut dikomunikasikan.
4. Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban  
    dalam soal dalam bentuk tulisan (write).
5. Peserta didik mempresentasikan kesimpulan dari materi yang dipelajari didepan kelas.

Peta Konsep 
Teks Prosedur
1. Pengertian Teks Prosedur.
2. Ciri - ciri Teks Prosedur.
3. Macam - macam Teks Prosedur.
 4. Langkah - langkah Teks Prosedur.



   MATERI
1. Teks Prosedur
         Prosedur berarti tahap - tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas, sehingga sebuah teks prosedur memberi tahu bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian dan langkah - langkah atau tindakan. Informasi dalam teks prosedur disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Teks prosedur berisi langkah - langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan atau keterangan dalam langkah tersebut. Tujuan teks prosedur,  yaitu untuk menunjukkan atau menjelaskan langkah-langkah mengerjakan sesuatu secara urut.
1. Ciri - ciri teks prosedur :
a. Berisi langkah - langkah.
b. Disusun secara informatif.
c. Dijelaskan secara mendetail.
d. Bersifat objektif.
e. Langkah berkelanjutan dengan penjelasan.
f. Menggunakan syarat / pilihan.
2. Macam - macam teks prosedur :
a. Teks prosedur sederhana
Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja disebut teks prosedur sederhana. Contoh : prosedur mengoperasikan setrika.
b. Teks prosedur kompleks
Teks prosedur kompleks merupakan prosedur yang terdiri banyak langkah, langlah - langkah tersebut berjenjang dengan sublanglah pada setiap langkahnya. Contoh : prosedur tentang terkena tilang.
c. Protokol
Prosedur yang langkah - langkahnya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah di pahami di sebut protokol. Dalam teks prosedur terdapat kalimat yaitu kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kalimat interogatif.
a. Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah. Fungsinya untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
b. Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsinya untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
c. Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Fungsiya untuk meminta informasi tentang sesuatu.
A.Mengidentifikasi Informasi teks prosedur
Teks yang baik adalah teks yang selalu memiliki suatu pikiran utama atau satu gagasan pokok. Teks prosedur berisi mengenai langkah - langkah atau tahapan - tahapan yang harus di tempuh untuk mencapai tujuan. Agar mudah memahami informasi dalam teks prosedur, berikut langkah - langkah mengindentifikasi informasi dalam teks prosedur.
a. Membaca teks prosedur secara keseluruhan.
b. Mencari ide pokok dalam teks prosedur.
c. Menemukan kesimpulan dalam teks prosedur.






Daftar Pustaka

Markhamah.2009.Ragam Analisis Kalimat Bahasa Indonesia.Surakarta:Muhammadiyah Uniersity Press.

Miharja,Ratih.2012.Buku Pintar Sastra Indonesia.Jakarta:Laskar Askara.


Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

Desember 21, 2019 Teks Prosedur  Nama      : Dian Prastiyani NPM       : 18410058 Kelas      : 3B Deskripsi: blog ini dibuat untuk me...